Rabu, 12 Juni 2013

PLN Klaim Sudah Gunakan Trafo Produk Dalam Negeri

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyatakan, realisasi belanja PLN 2012 sebesar Rp50 triliun, seandainya uang sebesar itu di seluruhnya secara ekstrem dibelanjakan ke luar, Indonesia tidak akan kebagian apa-apa.

"Semakin besar belanja PLN yang dilakukan di dalam negeri (capex) maka akan menghasilkan efek domino yang besar, lapangan kerja tercipta dan buruhnya akan punya daya beli. Pergerakan ekonomi akan berputar dan penggunaan produksi dalam negeri secara otomatis akan meningkat," ungkap Nur di kantornya, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Sementara itu, Dirjen IUBTT Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan untuk mendorong peningkatan penggunaan produk lokal berbasi TKDN, pemerintah telah menunjuk dan memberi wewenang kepada Sucofindo dan Surveyor Indonesia untuk melakukan verifikasi TLDN dan sertifikasi. TKDN selain menjadi syarat dalam pengadaan barang dan jasa juga akan dimasukkan dalam daftar inventaris produk dalam negeri.

"Sampai 2012, Kemenperin baru memberikan sertifikasi terhadap 5.280 produk yang mempunyai tingkat kandungan lokal lebih dari 50 persen. Sekira 1.180 sertifikat untuk produk kelompok industri kelistrikan," ungkap Budi.

Di tempat yang sama, Direktur Jawa Bali Sumatera PLN Ngurah Adnyana mengungkapkan tukar menukar informasi dengan pihak luar tentunya akan menjadi masukan untuk mengetahui hal-hal terkait suatu produk. Hal ini akan menjadi pengetahuan bagi semua bahwa ternyata produk luar tidak bisa dibuat di dalam negeri, tetapi bila sudah mampu dibuat di dalam negeri kenapa tidak digunakan.

"Kita sudah banyak keberpihakan pada produk dalam negeri. Misalnya untuk trafo power. Dulu kita impor dari China tetapi sekarang dengan mengetahui kompetensi kemampuan utilitas pabrik yang ada di dalam negeri maka impor kita akan stop. Hal ini bukan hanya terkait dengan kandungan lokal, produksi dalam negeri kita pakai seluruhnya inilah peran nyata dalam mendukung produk lokal untuk distribusikan ketenagalistrikan," katanya.

President Director PT Unindo Emmanuel Domen menyatakan bahwa pihaknya juga mendukung kebijakan pemerintah dalam mendorong peningkatan kandungan komponen lokal di setiap produk yang dihasilkan dari pabrikan Unindo.

"Bersama mitra lokal kami melalui yang ada di Indonesia, yang memproduksi material seperti trafo, telah meningkatkan TKDN dalam setiap produk yang dihasilkan," jelasnya.

Menurut Domen, komponen lokal harusnya bisa mendominasi pemenuhan kebutuhan sektor ketenagalistrikan di berbagai bidang, baik pembangkitan, distribusi maupun pelayanan.

"Sudah saatnya pembangunan sektor ketenagalistrikan diorientasikan pada kemampuan dalam negeri. Peningkatan kandungan komponen lokal pada pembangunan sektor ketenagalistrikan diharapkan akan mampu menjadi pemicu bagi tumbuh kembangnya industri dalam negeri," tandasnya. (wdi)
sumber:http://economy.okezone.com/read/2013/06/13/19/821258/pln-klaim-sudah-gunakan-trafo-produk-dalam-negeri 

0 komentar:

Posting Komentar