Kamis, 13 Juni 2013

Susah Panggil Ilmuwan Indonesia Pulang Kampung

Ilustrasi. (Foto: Reuters) Ilustrasi. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Jumlah ilmuwan Indonesia yang berada di luar negeri sangat banyak. Sayangnya mereka susah untuk diajak pulang. Mereka susah diajak pulang ke Tanah Air karena fasilitas pekerjaan sebagai seorang ilmuwan sangat memadai.

"Ilmuan kita banyak banget di luar negeri, kita susah manggil dia pulang ke Indonesia untuk mengontribusikan ilmunya untuk penerus bangsa. Harus ada laboratorium untuk tempat mereka bekerja," ucap Pendiri Surya Institute dan Surya University Prof. Yohanes Surya, Ph.D, di Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Oleh sebab itu, langkah yang ditempuhnya yakni mendirikan universitas yang berbasis penelitian. Di mana pada 2010, dirinya mendirikan Surya Research & Education Center (SURE) dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya sebagai pusat pelatihan unggulan di bidang Fisika dan Matematika.

"Universitas itu harus punya research, pada 2030 Indonesia jaya harus berdiri. Pada 2045, Indonesia bisa jadi negara super power," tegasnya.

Sementara itu, Yohanes memaparkan, untuk Surya University, pihaknya sudah memiliki 200 doktor dari target sebanyak 1.000 doktor.

"Next step yang terbesar yaitu bagaimana Indonesia jadi negara yang hebat pada 2030," pungkas Yohanes. (ade)

sumber:http://kampus.okezone.com/read/2013/06/12/373/820949/susah-panggil-ilmuwan-indonesia-pulang-kampung

0 komentar:

Posting Komentar