Senin, 15 April 2013

Apa Itu Listrik ?

Apa Itu Listrik ?

Batu Amber
Dilihat dari asal katanya, listrik, elektron, elektrik, elektronik dan kata-kata lain yang dimulai dengan kata "elektr ..." berasal dari bahasa Yunani "Elektor," yang artinya "Cahaya yang bersinar". Dalam bahasa Yunani, "Elektron" adalah kata untuk amber. 
Amber adalah fosil getah pohon yang telah membatu berwarna coklat keemasan dan akan berkilau di bawah sinar matahari. Pada zaman Yunani kuno orang-orang menganggap bahwa amber ini mempunyai sifat yang aneh seperti menarik bulu, bila digosok dengan bulu atau benda lainnya. Mereka tidak tahu apa yang menyebabkan fenomena ini, setelah teknologi berkembang dan diadakannya penelitian beberapa abad kemudian barulah diketahui bahwa hal tersebut dapat terjadi karena adanya listrik statis.

susunan atom
Lalu apa itu listrik? Dari mana datangnya? Bagaimana listrik bekerja? Sebelum kita memahami semua itu, kita perlu tahu sedikit tentang atom dan strukturnya.
Semua materi terdiri atas partikel kecil yang disebut atom. Atom sendiri terdiri dari tiga partikel utama yaitu proton, neutron dan elektron. Elektron bermuatan negatif dan membentuk kulit atom mengelilingi inti atom pada orbitnya. Inti atom terdiri dari neutron dan proton, proton bersifat positif. Sedangkan neutron bersifat netral. Setiap atom memiliki jumlah elektron, proton dan neutron tertentu. Suatu atom akan dikatakan seimbang/netral jika jumlah muatan positif (jumlah proton) sama dengan jumlah muatan negatif (jumlah elektron).


Elektron terluar dari atom mudah terlepas dan keluar dari orbitnya sehingga dapat bergerak secara acak dalam ruang antar atom dari bahan tersebut. Hal ini dapat terjadi jika atom mendapat pengaruh energi dari luar seperti panas, gesekan, atau desakan dari elektron lainnya. Oleh karena elektron-elektron yang tidak terikat ini, bebas bergerak meninggalkan atom dan mengambang dalam ruang antar atom yang berdekatan, maka elektron-elektron ini disebut elektron bebas. Bila elektron keluar dari  orbitnya,  maka atom  tersebut  menjadi  tidak  seimbang  secara  kelistrikan. 

Elektron bebas dapat bergerak dari satu atom ke atom lainnya. Sebuah atom yang kehilangan elektron akan memiliki jumlah proton yang lebih banyak dari jumlah elektron sehingga atom akan bermuatan positif. Atom yang bermuatan ini disebut sebagai Ion. Ion bermuatan positif, yang kehilangan satu atau lebih elektron, disebut Kation
Atom positif ini akan menarik elektron bebas untuk menggantikan posisi elektron  yang hilang. Bila suatu atom mendapat tambahan elektron, maka atom  tersebut akan  bermuatan  negatif. Atom bermuatan negatif, yang menangkap satu atau lebih elektron, disebut Anion . Pergerakkan atau aliran elektron bebas dari satu atom ke atom lainnya inilah yang disebut dengan Listrik

Benda-benda yang memiliki  banyak elektron bebas disebut Konduktor. Contoh konduktor yang baik yaitu : tembaga, alumunium, besi, baja, perak, dan emas.
Sedangkan bahan yang memiliki sedikit elektron bebas atau tidak memiliki sama sekali disebut Isolator. Contohnya : gelas, karet, kayu, keramik,dll.
 
sumber:http://widypedia.blogspot.com/2012/07/apa-itu-listrik.html

0 komentar:

Posting Komentar